Jawab :
Komunikasi daring asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda.
2. Apakah yang dimaksud dengan CC, BCC, Subject, dan Spam.
Jawab :
--> CC (Carbon Copy) yaitu, daftar penerima pesan yang dapat dilihat oleh penerima lain. Sehingga penerima satu dapat melihat siapa saja yang mendapat kiriman email yang sama.
--> BCC (Blind Carbon Copy) yaitu, penerima pesan tidak akan tahu siapa saja orang yang mendapat kiriman email sama.
--> Subject yaitu, sebuah judul/tema pada sebuah email yang akan dikirim.
--> Spam yaitu, folder/pesan yang tidak penting.
3. Tuliskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengiriman e-mail.
Jawab :
1.) Perhatikan subjek e-mail hindari menuliskan subjek dengan
satu kata atau bahkan tanpa subjek, karena tidak bisa mendeskripsikan isi
email. Untuk urusan pekerjaan, lebih baik pilih subjek singkat namun tetap
jelas, supaya penerima e-mail bisa mengerti apa yang menjadi inti dari surat
Anda tersebut dan langsung membukanya.
2.) Seringkali,
subjek e-mail yang tidak jelas membuat orang
tidak mau membuang waktu untuk membukanya dan langsung memindahkannya ke
trash.
Gambar dan warna tulisan font atau bentuk tulisan yang tidak standar,
dan gambar bisa memusingkan orang yang akan membaca e-mail Anda. Lebih
baik pilih warna standar dan jika ada poin yang ingin ditegaskan,
gunakan
penebalan kata atau bold. Hindari pula menggunakan terlalu banyak tanda
baca,
seperti tanda seru dan tanda tanya. CC semua orang Jika ingin
menggunakan CC,
pilih orang-orang yang memang berkepentingan untuk menerima e-mail
tersebut.
3.) Saat membalas e-mail, Anda juga harus perhatikan apakah
ingin reply to all (membalas ke semua orang yang di-CC) atau hanya membalas ke
si pengirim. Bahasa profesional bukan personal. Saat berbicara dengan atasan dan
rekan kerja, tetap usahakan untuk memakai bahasa yang baku dan profesional.
Sebaiknya hindari penggunaan kata slang, singkatan, atau bahasa yang belum
tentu dimengerti semua orang.
4.) Hindari kesan sarkasme Jangan sekali-sekali memberikan
pernyataan yang terkesan sarkasme dalam e-mail. Selain maksud pesan Anda
mungkin tidak sampai ke penerima, tapi e-mail seperti ini bisa menimbulkan
masalah yang berkepanjangan.
5.) Seandainya Anda punya masalah yang ingin disampaikan ke
seseorang, lebih baik katakan langsung agar tidak terjadi kesalahpahaman.
Bedakan e-mail kantor dan pribadi Sebaiknya bedakan e-mail kantor dan pribadi.
4. Bandingkan tujuan penggunaan, serta kelebihan dan kekurangan e-mail dan forum.
awab :
Tujuan E-mail : sebagai sarana untuk mengirim surat atau
pesan melalui jaringan internet.
Kelebihan E-mail :
1. Cepat (sangat cepat) karena hanya perlu beberapa menit (ketik dan send).
2. Mudah (karena kita cukup mengetik di komputer).
3. Multiple send (dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus).
4. Dapat mengirim file (attactment seperti file doc, excel,
mp3, gambar, video dan lain-lain).
5. Kapan saja dan dimana saja (tidak ada perbedaan lokasi
dan waktu).
Kekurangan E-mail :
1. Harus online (konek
ke internet).
2. Hanya teks dan gambar yang dapat dikirim (tidak bisa kirim paket /barang).
3. Tidak konek
internet dan cek maka kita tidak akan tahu yang kita kirim sudah dibalas atau
belum.
4. Harus ingat
username dan password.
5. Ladang virus juga
bagi yang awam (tidak mengerti).
Tujuan Forum : Sebagai sarana diskusi
dengan banyak orang yang tertata rapi.
Kelebihan Forum :
1. Kita bisa bediskusi membicarakan sesuatu dengan orang lain.
2. Forum diskusi sering kali dapat membantu menyelesaikan
masalah.
3. Membentuk kebersamaan antara sesama anggota forum.
4. Memberikan banyak kemudahan karena jangkauannya yang luas.
Kekurangan Forum :
1. Karena komunikasi dilakukan secara maya maka memungkinkan
terjadi penipuan.
2. Menjadi sasaran para hacker, spammer, dan junker.
3. Postingannya dapat diedit dan dihapus oleh administrator.
4. Tanggapan mungkin bisa menyesatkan ataupun tidak berguna karena sifat forum yang terlalu terbuka.
5. Terkadang orang-orang tidak memperhatikan etika, sehingga sering terjadi kerusuhan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar